Sabtu, 27 April 2013

Cukup Main Setelan Klep Buat Upgrade Power Mesin Honda Blade



Belum puas dengan power mesin bawaan Honda Blade atau absolute Revo? Ternyata mesin standar bawaan pabrik Honda ini masih bisa dimaksimalkan. Hanya dengan sedikit ubahan, tenaga yang mampu digapai pun meningkat cukup lumayan.  Asiknya lagi, buat yang perhatian dengan garansi dealer gak perlu takut garansi motor-nya bakal hilang karena menerapkan trik ini. Lho, kok bisa?
Ya, karena trik buat upgrade power mesin Honda Blade ini cukup main setelan klep saja maka tenaga pun pasti berubah. Klep yang dimaksud disini yaitu memainkan clearance, mengkombinasikan celah klep dengan ukuran yang berbeda untuk klep masuk dan klep buang. Dari hasil uji dengan alat Dynotest, peningkatan power memang terbukti.
Yang perlu diketahui, setelan klep standar honda Blade dan absolute Revo adalah 0.10mm, baik untuk masuk maupun buang.  Sehingga perlu dirubah kombinasinya untuk klep masuk dan buang agar terjadi perubahan karakter mesin.  Tentu  dengan ubahan stelan klep ini akan berpengaruh antara lift dan durasi buka dan tutup klep melalui durasi noken as.  Otomatis isapan bahan bakar – udara oleh piston pun berbeda dan mampu merubah karakter mesin.
Data ukuran celah klep yang dijadikan kombinasi adalah 0,08mm , 0,10mm , 0,12mm , 0,15mm dan 0,17mm.  Dari data tes didapat perbedaan karakter mesin.  Tinggal pilih saja, ingin kejar top speed atau akselerasi perkotaan.  Top speed identik dengan power besar sedangkan akselerasi identik dengan torsi yang dicari.  Jadi mudah untuk menentukan celah klep yang paling pas dengan kebutuhan kita.
Data hasil dyno test –nya bisa dilihat di tabel berikut :







Kalo data test dyno diatas menunjukkan bila bahan bakar kita ganti dengan oktan yg lebih tinggi seperti pertamax.  Terlihat bahwa dari setelan standar saja dia bisa mencapai 8,3dk untuk power dan 9,6 Nm untuk torsi.  Apalagi jika setelan klep kita mainkan juga, hasilnya pasti maknyusss…
Trik mengenai upgrade power mesin Honda Blade ini sendiri pernah dimuat di Tabloid OtoPlus edisi 40/VII, 29 Maret – 4 April 2010 dengan Narasumber HKU Racing Motorspot Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar